Webinar AskExpert #5: Strategi Peningkatan Ranking Universitas Berstandar Internasional

Peningkatan Ranking Universitas Berstandar Internasional, Mengapa penting dan Bagaimana Strategi nya?

Secara prinsip adanya peningkatan ranking universitas penting untuk reputasi dan diperlukan untuk persaingan dalam dunia global. Bagi negara maju adanya ranking universitas ini merupakan fokusnya adalah bagaimana mempertahankan reputasi atau ranking yang sudah ada, sementara untuk negara berkembang lebih banyak fokus pada bagaimana masuk ke dalam top ranking tersebut.

Ada 3 ranking yang dominan diakui secara internasional yaitu:
1. Quacquarelli Symbols (QS)
2. Times Higher Education
3. Shanghai Ranking / Academic Ranking of World Universities (ARWU)

Quacquarelli Symbols (QS) University World ranking mengambil data perankingan berdasarkan 2 data survey yaitu akademis dan employer luar (peer review dari universitas luar) meliputi berbagai indikator pengukuran. Detail mengenai klasifikasi ranking dan indikator nya bisa di akses di tautan ini: https://www.topuniversities.com. Metric yang digunakan oleh QS University World Ranking adalah Academic reputation 40 %, Employer reputation 10%, Faculty student ratio 20%, Citation per faculty 20%, International faculty ratio 5%, International student ratio, 5%.

Times Higher Education merupakan ragam perankingan lainnya yang diakui secara internasional berdasarkan : Jumlah publikasi yang cukup dalam periode 5 tahun (1000 paper), Program pengajaran S1 (bachelor degree), Program pengajaran subjek yang beragam. Ragam perankingan dan indikatornya bisa diakses di tautan ini: https://www.timeshighereducation.com. Metric yang digunakan oleh Times Higher Education adalah Teaching 30%, Research 30%, Citation 30%, International outlook 7.5%, Industry income 2.5%.

Shanghai Ranking / Academic Ranking of World Universities (ARWU) merupakan perangkingan dalam 54 subjek di dalam natural science, engineering, life science dan lain sebagainya. Ragam perankingan dan indicator nya bisa diakses di tautan berikut ini: http://www.shanghairanking.com/index.html . Metric yang digunakan oleh Shanghai Ranking / Academic Ranking of World Universities (ARWU) Quality of Education : Alumni yang menang Nobel Prize dan Field Medal, 10 %, Quality of Faculty : Staff yang menang Nobel Prize dan Field Medal, 20 %, Research Output : Paper yang diterbitkan 40%. Selain dari ketiga pemeringkat ranking yang diakui secara internacional seperti sudah dijelaskan diatas, ada pula Impact Ranking yaitu pemeringkatan/ rangking berdasarkan Sustainable Development Goals (SDGs) yang merupakan bagian dari Times Higher Education (THE). Ragam Indikator dan hasil perankingan di tahun 2020 bisa di akses di tautan ini: https://www.timeshighereducation.com/impactrankings#!/page/0/length/25/sort_by/rank/sort_order/asc/cols/undefined

Lalu bagaimana strategi yang bisa dilakukan oleh Universitas untuk bisa mendongkrak posisinya di ketiga organisasi pemeringkatan yang diakui secara Internasional diatas? Ada beberapa hal yang bisa di inisiasi oleh Universitas yaitu: Meningkatkan Research Productivity yang terukur dari Artikel Ilmiah yang di publikasikan dan meningkatkan Research Skill Development yaitu meningkatnya kapasitas keterampilan melakukan riset yang berkualitas. Research Synergy Foundation telah di inisiasi untuk membantu Universitas-universitas untuk melakukan “loncatan” inovasi menuju universitas berkelas dunia. Informasi lebih lanjut mengenai Research Synergy Foundation dapat diakses disini: https://www.researchsynergy.org.

Sumber:
Webinar AskExpert #5: Strategi Peningkatan Ranking Universitas Berstandar Internasional yang diselenggarakan ole Research Synergy Foundation dan Research Synergy Institute dengan Narasumber Prof. Hadrian G. Djajadikerta dari Edith Cowan University, Perth Austalia. Beliau adalah diaspora di Australia dan berpengalaman sebagai konsultan peningkatan mutu universitas secara Internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published.